Web server adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML. Web server juga dikenal dengan nama HTTP server, menyediakan kemampuan untuk mengirimkan dokumen hyper-text kepada pengguna. Dokumen Hypertext itu nantinya digunakan untuk dijadikan tampilan.

Cara mengkonfigurasi HTTP server dengan menggunakan Cisco packet Tracer adalah sebagai berikut. Pertama desain topologi seperti pada gambar.

Setelah itu lakukan konfigurasi IP dan DNS. untuk tutorialnya silahkan buka halaman di bawah ini :

Cara Setting DHCP Server di Cisco Packet Tracer

Cara Buat DNS Server di Cisco Paket Tracer

setelah selesai memberikan IP server, selanjutnya kita akan membuat HTTP nya. masih di menu server, pilih services > HTTP seperti gambar berikut. pastikan HTTP dalam posisi On. untuk mengedit file HTTP nya klik di index.html.

setelah membuka index.html hapus semua HTML yang ada, kemudian kreasikan sendiri file HTML nya sesuai selera anda. contoh singkat seperti pada gambar berikut. Kemudian tutup jika sudah selesai.

Terakhir tes apakah web server berhasil atau tidak dengan cara klik pada PC client > Desktop > Web Browser kemudian  masukkan IP address komputer server, berikut hasilnya.

Sekian tutorial singkatnya untuk konfigurasi web server dengan Cisco Packet Tracer, semoga bermanfaat dan terimakasih.

source : https://www.ninetekno.com/

Cara Setting HTTP / Web Server di Cisco Packet Tracer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *